Kakuro

kakuro

Pengakuan dosa: Saya nggak ngerti gimana cara main sudoku.

Ya.

Saya memang payah.

Ngerti sih cuman naroh-naroh angka 1-9 doang, tapi saya kan nggak se-gullible itu. Saya yakin, main Sudoku pasti melibatkan sesuatu yang saya nggak tahu apa, dan pastinya saya nggak ahli. Kalo iya, pasti saya udah jago.

Sejujurnya saya nggak ngerti gimana cara main Sudoku sebab tiap kali saya mencoba, saya merasa seperti orang bego yang nebak-nebak doang tanpa pake strategi berarti. Brute force maxima. “Ah kayaknya 9 nih. Lah bukan. Apus deh, mungkin 4. Eh. Ehhh. Hih. Monyet.”

Saya nggak suka merasa bego. Pride saya ini terlalu rapuh untuk merasa bego. Ngapain saya mainin teka-teki yang membuat saya merasa bego? Saya kan inginnya divalidasi kalau saya ini memang pandai dan sangat hebat, huh. Kalau ada game yang malah bikin saya jengkel karena saya nggak ngerti-ngerti mainnya gimana, mending saya berlagak pura-pura nggak tertarik dari awal aja. No, I obviously am not looking at Sudoku.

Makanya pas saya nemu ada teka-teki angka lain bernama Kakuro, dan menemukan bahwa Kakuro jaaauh lebih mudah dimengerti, saya bersorak gembira. Wuooohh! Akhirnya!! Suatu teka-teki angka yang bisa membuat saya berlagak snob sok logical Sherlock gadungan aku-orangnya-emang-logika-banget sangat matematis dan semacamnya. Y e s.

Dan yang paling oke dari segalanya: Kakuro punya flow. Unlike those stupid Sudokus that like to keep me in the dark. Yuck.

Kayak di puzzle yang saya foto ini, yang di sebelah kiri itu. Mungkin nggak terlalu kelihatan karena saya kalo tulis tangan emang suka terlalu halus, apalagi pake pensil, But anyway, karena bentuk puzzlenya yang kayak tangga itu, ngerjainnya jadi asyik banget. Kalo satu clue udah kelar, bisa jadi start buat clue lain juga. Ini pas saya ngerjainnya kebetulan dari atas ke bawah gitu, jadi pas udah ngisi buat clue yang paling atas, ngerjain ke bawahnya udah berasa kayak main perosotan.

Sebuah perasaan yang menyenangkan dan membuat saya merasa sangat tervalidasi.

Trims, Kakuro.

Leave a Reply

