Pemerhati Teenlit

Jadi saya lagi kepikiran gimana caranya menyelipkan dengan cerdik beberapa konsep dari filosofi hidup (?) saya ke shitty teenlit yang gak selesai-selesai ini. Ujung-ujungnya malah saya merasa marah sendiri kenapa jarang banget ada teenlit (lokal) yang meaningful, yang kalo saya baca lagi pas umur saya 20-an kayak sekarang justru saya bakal menangkap sesuatu yang baru yang saya gak tangkep pas saya masih remaja tengik belasan tahun. Teenlit yang kalo saya baca ulang sekarang saya bakal tercengang dan memekik dengan kenorakan tulus, “HOLY SHIT THIS IS SO SUBTLE?!!”

Maksud saya, hal kayak gitu kan sering banget saya temuin di buku anak-anak, atau apa pun jenis franchise (?) yang target utamanya anak-anak.

Kayak Harry Potter yang saya baca dari umur saya 6 (kayaknya, entah). Everyone agrees that there’s some deep meaningful shits in that story far beyond what children can grasp. Kayak dulu saya mana nangkep kalo Sirius Black itu sebenernya damaged beyond repair?? Orang saya terlalu sibuk me-worship penggambaran karakternya di buku 5, yang cool arogan cepet bosan ohh Prongs look Snivellus pokoknya omg kya Sirius kya.

Atau Avatar (yang The Last Airbender ya, bukan yang biru-biru; yang TV series ya, bukan yang live-action movie). Duh, saya kemaren ngulang nonton itu ampe nangis kayaknya. Yang bikin saya suka sama Avatar dulu pas saya SD kayaknya gara-gara saya terpana aja gitu ama bendingnya, terutama earthbending, ya ceritanya juga sih, tapi saya nggak ngambil apa-apa lebih dalem dari itu. Sekarang aja saya berkaca-kaca nontonnya, baru ngeh ini kartun sebenernya jenius banget nyampein filosofinya dan gak cuma tentang heyho ini adalah perang membela kebenaran menumpas kejahatan di muka bumi.

Atau kalau mau ke timur dikit, kayaknya banyak deh itu anime “anak-anak” yang sebenernya lebih dalam dari penampakannya. Yang saya bisa recall cuma Hikaru no Go (tentu saja). Keliatannya kayak anime yang cuma ceritain soal Hikaru yang pengen jadi pemain go profesional, tapi pas nyampe arc yang Sai akhirnya “ngilang” that shit is just getting real. Suddenly we’re dealing with grief. How anak-anak is that for you eh?

Atau buku anak-anak yang baru saya baca nih, bukunya Judy Blume yang Are You There, God? It’s Me, Margareth. Itu buku targetnya anak kelas 6 kayaknya, dan umur saya 21. You know what I get when I got into the climax? Fucking tears. Padahal itu buku yang dibacanya paling 2 jam kelar, cuma 100-an halaman, udah gitu bahasanya ringan banget. Ceritanya juga gak ribet-ribet amat, cuma soal dia ngerjain projek buat dikumpulin akhir tahun, dan karena dia dibesarin tanpa paparan agama dari orang tuanya, dia bikin projeknya soal nyari tuhan. Nggak ribet dan nggak bertele-tele tapi pas saya nyampe bagian Margareth ngumpulin projeknya saya nangis lho emotional impactnya di saya nonjok banget??

Kenapa nggak banyak teenlit yang kayak gini coba?? Kenapa cuma karena mentang-mentang target pembacanya adalah remaja bau kencur terus ceritanya otomatis jadi bloon abis-abisan???

Kenapa kebanyakan teenlit cuma bisa jual karakter cowok buat dijadiin book boyfriend pembaca dan kisah cinta menye-menye dan DIALOG YANG TIDAK REAL? Tau kan, tipikal percakapan yang fuck you ain’t nobody talk like that in real life. Dikit-dikit quotable dikit-dikit quotable. Like seriously?? You think we come here just so that we can quote some lines a character randomly spewed from your fucking overpriced book? Since when writing books has been about competition for who can stuff the most quotable lines into one single book? Are you a fucking git why don’t you just pay your characters’ depth the attention they deserve and stop making them look like stick figures with nametag in my mind???

Ya gitulah. Sebagai pemerhati teenlit hal ini bikin saya marah dan sedih. Ya udah gitu aja.

Tertanda,

Syadzwina
Pemerhati Teenlit

Leave a Reply

